Ancaman terhadap hutan Borneo

Posted by

Hutan Borneo Terancam

Selamat malam , kali ini saya akan memposting kembali postingan saya dari blog lama tentang "Ancaman terhadap hutan Borneo ", yang dimana tahun ke tahun menjadi semakin terancam kelestarian nya . Seperti di daerah tropis di seluruh dunia, hutan hujan Kalimantan sedang dipotong dan terdegradasi untuk kayu, kelapa sawit, pulp, karet dan mineral. Peningkatan kegiatan ini sedang dicocokkan oleh pertumbuhan perdagangan satwa liar, seperti hutan dibersihkan untuk menyediakan aksessupaya  mudah ke daerah-daerah terpencil.

Ancaman terhadap hutan Borneo
© Hugo Ahlenius, UNEP/GRID-Arendal

Logging, pembukaan lahan dan konversi kegiatan dianggap sebagai ancaman terbesar bagi hutan Borneo. Yang dikhawatirkan adalah konversi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit. 
Kedatangan 2 penyusup asing di tahun 1950 - yang  telah membuat dampak buruk bagi  spesies  lainnya yang ada di hutan tersebut. Sejak itu, pembukaan jalan baru telah menjadi faktor kunci perubahan Kalimantan. Tetapi,jalan tidak hanya menyediakan akses ke pohon-pohon bernilai komersial, ini juga memungkinkan pemukim imigran, pemburu dan spekulan tanah untuk mengakses peluang baru untuk area. 
Ancaman terhadap hutan Borneo

Deforestasi untuk menutup  hutan Borneo 
Di Kalimantan ,Malaysia, Sabah dan Sarawak ekonomi yang dinamis ini telah membawa perkebunan kelapa sawit ke pinggiran hutan Borneo, dan menciptakan pasar untuk produk hutan. Di Kalimantan (Borneo Indonesia), tekanan  populasi manusia yang meningkat  membawa perbatasan konsesi hutan dekat dengan hutan Borneo. 
                                                                             
Shrinking forests in Borneo.
© WWF-Germany

Skala masalah
 

Penelitian satelit menunjukkan bahwa sekitar 56% dari hutan hujan tropis dataran rendah yang dilindungi di Kalimantan ditebang antara tahun 1985 dan 2001 untuk memasok kebutuhan kayu global - yang lebih dari 29.000 km ² (hampir seukuran Belgia). Undang-undang perlindungan berlaku di seluruh Kalimantan, namun sering tidak memadai atau flagrantl '
nya yang dilanggar, dan biasanya tanpa konsekuensi.

Pengembangan kelapa sawit memberikan kontribusi untuk deforestasi - secara langsung maupun tidak langsung. Sekitar setengah atau 3,3 juta ha dari semua tanaman produktif saat ini (6,8 juta ha) yang didirikan di hutan sekunder dan area semak-semak di Malaysia dan Indonesia.

Selama kebakaran hutan tahun 1997/98, ekspansi perkebunan adalah salah satu penyebab utama dari kebakaran hutan dan kabut merajalela berikutnya yang menyebar dari perkebunan ke hutan alam yang berdekatan. Enam setengah juta (ha)n lahan yang terbakar di Kalimantan saja, hampir setengah dari yang tertutup hutan.

Ancaman terhadap hutan Borneo
Borneo Forest
Semoga postingan "Ancaman terhadap hutan Borneo" ini bermanfaat dan kita sebagai anak negeri ini juga wajib membantu menjaga kelestrarian yang masih tersimpan di negara tercinta ini .


EB Updated at: 18:41

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda dengan Kebijakan yang Admin buat :

1. Dilarang Spam
2. Dilarang Memasang Link Aktif
3. Dilarang Menghina, Terdapat Unsur Sara , dan P***nografi
4. Komentar Harus Relevan Dengan Artikel
5. Dilarang Mempromosikan Sesuatu di Komentar

Jika 5 hal tersebut tidak di-Indahkan oleh Anda, maka Admin akan menghapus nya.Terima Kasih. EduBlog*

Translate

Mau buat buku tamu ini ? Klik di sini